Selamat Datang di Situs Resmi "Belajar Al Qur'an & As Sunnah"

Masuk Islamnya Zunairah


Zunairah, adalah seorang perempuan yang menjadi budak belian Abu Jahal. Setelah diketahui oleh tuannya bahwa ia telah mengikut seruan Nabi SAW dan masuk Islam, ia dianiaya dan disiksa oleh Abu Jahal dengan cara yang sangat kejam. Meskipun demikian dia sangat kuat pendiriannya dan kokoh tauhidnya kepada Allah. Dan Abu Jahal mendatangkan para pemuka Quraisy musyrikin, lalu Abu Jahal berkata kepada Zunairah : "Betulkah kamu sekarang telah mengikut seruan Muhammad yang celaka itu ?".
Ia menjawab dengan tegas : "Ya, saya betul-betul mengikut seruan Nabi Muhammad, saya percaya kepada seruannya dan saya benar-benar mengikut pimpinannya !".

Abu Jahal berkata kepada kawan-kawannya : "Hai kawan-kawan Quraisy ! Adakah engkau mengikut apa-apa yang didatangkan oleh Muhammad ?".
Mereka menyahut : "Tidak ! sekali-kali kami tidak akan mengikut Muhammad orang celaka itu !".
Abu Jahal berkata lagi : "Seandainya apa-apa yang didatangkan oleh Muhammad itu benar lagi baik, tentunya kita lebih dulu mengikut kepadanya daripada Zunairah itu, bukannya dia yang terlebih dulu mendapat petunjuk daripada kita ?".

Kemudian Zunairah dipukul lagi dengan sekeras-kerasnya, dan setiap hari ia selalu dipukuli, hingga matanya menjadi buta. Setelah matanya buta, Abu Jahal dan kawan-kawannya berkata kepadanya : "Kamu menjadi buta itu tidak lain karena kamu dimurkai oleh Al-Lata dan Al-'Uzza !".
Perkataan itu dijawab oleh Zunairah : "Mereka berdusta ! Al-Lata dan Al-'Uzza tidak akan bisa memberi madlarat dan tidak pula memberi manfaat kepada kita !".
K
emudian Abu Jahal berkata : "Zunairah ! Ingatlah kamu kepada Al-Lata dan Al-'Uzza ! Karena dialah berhala-berhala nenek moyangmu dahulu ! Tidakkah kamu takut kepadanya, kalau ia nanti murka kepadamu ? Engkau sekarang telah buta itu tidak lain karena engkau sudah sekian hari tidak pernah melihat dan memuja Al-Lata dan Al-'Uzza. Ingatlah hai Zunairah, jangan kamu terus menerus mengikut Muhammad !".

Zunairah menjawab : "Berhala-berhala Lata dan 'Uzza itulah yang lebih buta daripada saya. Apa gunanya kedua berhala itu engkau puja dan aku disuruh memujanya ? Aku sekarang menjadi buta ini ialah suatu perkara dari Tuhan-ku sendiri yang menjadikan aku dan kamu semua. Dan Tuhan-ku lebih kuasa menjadikan aku dapat melihat kembali dan awas lagi seperti semula, sebab Dialah yang menciptakan aku".

Kemudian pada malam harinya, Allah SWT menyembuhkan kebutaan Zunairah dan ia kembali dapat melihat seperti semula. Dan pada pagi harinya ketika Abu Jahal dan kawan-kawannya menengoknya, mereka terperanjat melihat Zunairah telah dapat melihat dan awas kembali. Kemudian mereka berkata : "Ini dari sihir Muhammad ! itulah sihir Muhammad !".
Dan Zunairah masih terus menerus dianiaya oleh Abu Jahal, sehingga ia dibeli oleh Abu Bakar, dan beberapa hari kemudian Abu Bakar memerdekakannya karena Allah semata.

Dan pada waktu itu Nabi SAW menerima wahyu dari Allah :
وَقَالَ الَّذِيـْنَ كَـفَرُوْا لِلَّذِيـْنَ امَنُوْا لَوْ كَانَ خَيْرًا مَّا سَبَقُوْنَـآ اِلَـيْهِ وَ اِذْ لَمْ يَـهْتَدُوْا بِه فَسَيَـقُوْلُـوْنَ هذَآ اِفْكٌ قَدِيـْمٌ. الاحقاف:11
Dan orang-orang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman : "Kalau sekiranya Al-Qur'an suatu yang baik, tentulah mereka tiada mendahului kami (beriman) kepadanya". Dan karena mereka tidak mendapat petunjuk dengannya maka mereka berkata : "Ini adalah dusta yang lama" [Al-Ahqaaf : 11]

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Den Ryono. Diberdayakan oleh Blogger.

Dan Janganlah Kamu Mengikuti Apa yang Kamu Tidak Mempunyai Pengetahuan Tentangnya (Ilmunya). Sesungguhnya Pendengaran, Penglihatan dan Hati, Semuanya itu akan diminta Pertanggungan Jawabnya. (QS. Al-Isra : 36)

Kutinggalkan Pada Kamu Sekalian 2 Perkara Yang Kamu Tidak Akan Sesat Apabila Kamu Berpegang Teguh Pada Keduanya, Yaitu : Kitab Allah dan Sunnah Nabi-Nya [[HR. Malik Dalam Al-Muwaththa' Juz 2 Hal 899]]