Selamat Datang di Situs Resmi "Belajar Al Qur'an & As Sunnah"

Keutamaan Ibdah Haji

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Haji
Beberapa keutamaan melaksanakan ibadah haji diantaranya adalah:
  1. Sebagai rihlah muhadasah, sebagai perjalanan rekreatif, Rasulullah bersabda, bahwa tidak ada perjalanan yang ditekankan lebih dari perjalanan ke Masjidil Haram, Majidil Aqsa dan Masjid Nabawi
  2. Diampuni dosanya.  Ibadah haji yang diterima dapat mengampuni segala dosa. Dikatakan, tidak ada balasan bagi haji yang mabrur kecuali syurga
  3. Pembiayaan yang dikeluarkan dalam rangka ibadah haji diberi pahala sama dengan pembiayaan yang dikeluarkaa dalam perjuangan fisabilillah
  4. Mendapat pahala jihad yang utama. Rasulullah memberikan jawaban ketika ditanya mengenai jihad yang sepantasnya bagi wanita. Dikatakan bahwa jihad terbaik bagi para wanita adalah melaksanakan ibadah haji.
Demikian diantara sekian banyak keutamaan ibadah haji.

MANASIK KESEHATAN

Sebelum melaksanakan ibadah haji para jamaah haji harus melalui tiga kali proses pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di beberapa tempat. Tahap pertama dilaksanakan di puskesmas, tahap kedua dilaksanakan di kabupaten dan tahap ketiga atau yang teakhir dilaksanakan di embarkasi sebelum pemberangkatan.

Pemeriksaan tahap pertama yang dilaksanakan di puskesmas salah satunya adalah pemeriksaan LDL kolesterol. Batasan normal kolesterol adalah kurang dari 100 miligram per desiliter. Karena jika lebih tinggi dari itu penderita akan masuk ke dalam kelompok yang beresiko terkena serangan jantung maupun stroke.

LDL Kolesterol sering dikenal dalam masyarakat sebagai kolesterol jahat yang berpotensi menyumbat pembujuh darah, baik itu pembuluh darah jantung yang jika terjadi penyumbatan atau perpecahan bisa mengakibatkan serangan jantung dan jika penyumbatan atau perpecahan ini terjadi di pembuluh darah otak, bisa menyebabkan stroke.

Oleh arena itu walaupun tidak hendak berangkat haji, disarankan bagi mereka yang telah berusia di atas 40 tahun untuk melaksanakan medical cek up, yang salah satunya mengetahu tingkat kolesterol jahat dalam darah.

Biasanya apabila calon jemaah haji memiliki tingkat kolesterol di atas normal maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, misalnya pemeriksaan HDL dan trigliserin.

Selain pemeriksaan kolesterol juga diperlukan pemeriksaan lain seperti diabetes dan hipertensi, untuk meminimalkan resiko serangan pada waktu pelaksanaan ibadah haji.
Demikian pentingnya pemeriksaan yang harus dilakukan kepada calon jemah haji

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Den Ryono. Diberdayakan oleh Blogger.

Dan Janganlah Kamu Mengikuti Apa yang Kamu Tidak Mempunyai Pengetahuan Tentangnya (Ilmunya). Sesungguhnya Pendengaran, Penglihatan dan Hati, Semuanya itu akan diminta Pertanggungan Jawabnya. (QS. Al-Isra : 36)

Kutinggalkan Pada Kamu Sekalian 2 Perkara Yang Kamu Tidak Akan Sesat Apabila Kamu Berpegang Teguh Pada Keduanya, Yaitu : Kitab Allah dan Sunnah Nabi-Nya [[HR. Malik Dalam Al-Muwaththa' Juz 2 Hal 899]]