Selamat Datang di Situs Resmi "Belajar Al Qur'an & As Sunnah"

Cara Berdo'a Kepada Allah

Sebagai seorang hamba yang hanya bisa berpasrah kepada Allah, kita membutuhkan cara untuk selalu bisa berhubungan secara langsung sebagai wujud eksistensi kita sebagai seorang hamba. Cara mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan do’a. Tentunya ada aturan tersendiri mengenai cara-cara berdo’a kepada Allah. Berikut ini beberapa ayat yang dengan aturan Do’a:
 
Al-A’raaf (55-56)
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Al-Hujurat 2
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebahagian kamu terhadap sebahagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu sedangkan kamu tidak menyadari.

Al-Isra’ 110
Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”
Demikianlah sekelumit ayat-ayat agung dari Allah terkait dengan do’a dan ternyata setelah kita memahami terkait dengan aturan Doa terutama merendahkan suara Insyaallah akan kita dapati beberapa manfaat diantaranya:
-Sebagai bukti bahwa Allah tahu segala yg tersembunyi ,walau dengan suara lembut dia yakin Allah mendengar, selain itu juga sebagai gambaran lemahnya diri kita sebagai hamba.
-Wujud etika hamba kepada raja yang mengusasi manusia dan segala sesuatu yang ada dialam raya ini.
Setelah kita memenuhi aturan merendahkan suara gimana nie ya kalau ada masalah denga keimanan yang kadang naik-kadang turun, jadi suatu saat ada yang berbisik,,,Allah mendengarkan doaku tidak ya…?Allah sekarang dimana ya…?uught berikut ayatnya:

Al-Baqarah 186
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Den Ryono. Diberdayakan oleh Blogger.

Dan Janganlah Kamu Mengikuti Apa yang Kamu Tidak Mempunyai Pengetahuan Tentangnya (Ilmunya). Sesungguhnya Pendengaran, Penglihatan dan Hati, Semuanya itu akan diminta Pertanggungan Jawabnya. (QS. Al-Isra : 36)

Kutinggalkan Pada Kamu Sekalian 2 Perkara Yang Kamu Tidak Akan Sesat Apabila Kamu Berpegang Teguh Pada Keduanya, Yaitu : Kitab Allah dan Sunnah Nabi-Nya [[HR. Malik Dalam Al-Muwaththa' Juz 2 Hal 899]]