Selamat Datang di Situs Resmi "Belajar Al Qur'an & As Sunnah"

Meningkatkan Kwalitas Aktifitas Hidup dengan PROTAB

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan kepada seluruh pengikut beliau yang selalu berusaha bersungguh-sungguh mengikuti jalan petunjuk-Nya.
 
Segala puji bagi hanya bagi Allah Tuhan semesta Alam, Allah SWT telah menjelaskan tentang segala keteraturan dan ketelitian dengan apa-apa yang Allah ciptakan sebagaimana dalam firman-Nya yang artinya.

yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(-Nya), dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya. (QS. 25:2)

Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. (QS. 15:19)
Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu. (QS. 15:21)
Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran (QS. 54:49)

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan segala sesuatu dengan ukuran, aturan dan ketelitian. Keteraturan dan ketelitian dan kerapian itu ada yang bisa dilihat oleh manusia, namun ada pula yang tidak bisa dilihat. Misalnya dengan melihat rasi bintang di alam raya maka manusia membuat hitungan waktu, dari tahun, bulan, minggu, hari, jam dan detik.

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, ……….(QS. 9:36)


Segala puji bagi Allah, Allah telah menjadikan Islam pembuka hati dan aqal manusia memikirkan kehendak Allah Tuhan Yang Maha Esa. Islam telah membuka cakrawala dunia ilmu pengetahuan. Keteraturan dan keunikan ciptaan Allah pada zaman ini telah terbuka dan membajir di segenap obyek kehidupan.

PROTAB (prosedur tetap ) termasuk ilmu yang sangat dikenal oleh manusia-manusia modern. Sebagai ciptaan Allah, bahwa segala sesuatu ada sunatullahnya dan ada keunikan karakteristiknya. Bangsa-bangsa maju menuangkan protab mereka dalam bentuk standarisasi-standarisasi atau pula dalam bentuk flowchart (diagram alir). Yang setiap waktu diperbaiki dan diperbaiki untuk mendapatkan tingkat effisiensi dan effektititas yang terbaik sesuai dengan kondisinya masing-masing.

Seluruh bangsa-bangsa yang dikatakan sebagai bangsa superpower, mereka semua telah mendidik bangsanya untuk mentaati segala bentuk PROTAB, yang tertuang dalam bentuk aturan-aturan disetiap aktifitas kehidupan.

Protab yang baik dan selalu disempurnakan akan membuat manusia semakin effisien menggunakan waktu hidupnya. Protab jugalah yang akan memudahkan penyeragaman langkah-langkah dalam setiap aktifitas sekelompok umat manusia yang sedang menangani masalah-masalah secara bersama. Sehingga di hari ini kita melihat di Jurusan-jurusan sekolah Kedokteran, sekolah Militer, sekolah Komputer, sekolah Industri, disamping manusia mempelajari inti ilmunya, biasanya manusia diajak untuk menyusun Protab-Protab yang akan membuat segala sesuatu bisa berjalan dengan lebih effektip dan effisien.

Manusia sering melihat sifat unik dari perjalanan matahari sehinga sangat unik pula akibatnya bagi bumi, misalnya berkenaan dengan musim dan panjangnya antara siang dan malam hari, kecuali kalao ada saat-saat kelainan, misalnya ketika hari qiyamat terjadi. Sehingga sebenarnya sifat unik atau sunatullah itulah yang dipelajari oleh manusia untuk dipahami dan manusia melakukannya mengikuti sifat-sifat unik tersebut.

Tidak ada bangsa-bangsa maju kecuali rakyatnya dididik untuk pandai-pandai membuat protab yang effektif dan effisien. Hampir seluruh Negara-negara maju adalah Negara-negara yang mendidik rakyatnya dengan pendidikan sistem militer, yang disiplin, mentaati protab-protab yang telah dibuat dan hidup mengikuti flowchart-flowchart yang sudah dibuat dan diuji serta dipahami untuk dijalankan bersama dengan disiplin.

Bangsa-bangsa yang maju telah memiliki standarisasi-satandarisasi dalam segala aspek kehidupan. Dan segala prosedur tersebut sudah diajarkan kepada publik dan dilakukan secara bersama-sama sebagaimana di dalam dunia industri yang membutuhkan kepresisian yang sangat tinggi.
Umat Islampun dalam beragama Islam seharusnya mengikuti protab yang telah di ajarkan oleh Rasulullah. Disamping isi dari kandungan ajaran Al-Qur’an dan As-Sunnah, namun juga harus mengikuti dengan langkah yang sama dalam membangun jiwa manusia sesuai jenjang-jenjang tangga yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Ketika umat semakin banyak dan semakin banyak dan semakin banyak dan semakain banyak, bila jenjang-jenjang pemahaman dan mengamalan itu diajarkan secara sempurna sesuai dengan generasi pertama Islam, maka insyaallah kita sudah berusaha untuk mengikuti langkah yang terbaik dalam membangun kepribadian umat Islam khususnya.

Dapat disimpulkan, dari zaman ke zaman bahwa manusia yang ingin hidup dengan lebih berkwalitas haruslah mau membuat protab-protab yang alamiyah yang kemudian dipatuhi dan diatati serta disempurnakan dari waktu ke waktu.

Bangsa-bangsa modern telah menjadikan protab-protab sebagai standarisasi yang disosialisasikan kepada khalayak ramai untuk difahami dan dipatuhi. Tidak ada bangsa modern yang tidak mematui protab-protab yang memang telah terbukti menghasilkan karya-karya yang  monumental dan Gemilang………. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta Alam.
[ Alhamdulillahi robbil alamin ]

Wallahu a’lam

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Den Ryono. Diberdayakan oleh Blogger.

Dan Janganlah Kamu Mengikuti Apa yang Kamu Tidak Mempunyai Pengetahuan Tentangnya (Ilmunya). Sesungguhnya Pendengaran, Penglihatan dan Hati, Semuanya itu akan diminta Pertanggungan Jawabnya. (QS. Al-Isra : 36)

Kutinggalkan Pada Kamu Sekalian 2 Perkara Yang Kamu Tidak Akan Sesat Apabila Kamu Berpegang Teguh Pada Keduanya, Yaitu : Kitab Allah dan Sunnah Nabi-Nya [[HR. Malik Dalam Al-Muwaththa' Juz 2 Hal 899]]